Bupati Samosir Bersama Anggota Dewan Berkantor di Desa Lumban Suhisuhi dan Sitou Huta

Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama anggota DPRD Saurtua Silalahi, Polma Gurning, dan Marco Simbolon, melakukan kunjungan sekaligus berkantor di Desa Lumban Suhi Suhi Toruan dan Sitolu Huta Kecamatan Pangururan, Kamis (2/11/2023).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama anggota DPRD Saurtua Silalahi, Polma Gurning, dan Marco Simbolon, melakukan kunjungan sekaligus berkantor di Desa Lumban Suhi Suhi Toruan dan Sitolu Huta Kecamatan Pangururan, Kamis (2/11/2023).

Turut hadir, Asisten III Waston Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, dan pimpinan OPD, Camat Pangururan Robintang Naibaho bersama Forkopimca Pangururan dan TBPP.

Di hadapan masyarakat, Vandiko Gultom menyampaikan, kehadirannya untuk melayani masyarakat. “Kami bukan hanya kunjungan. Akan tetapi berkantor, mendekatkan dan membawa pelayanan. Sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung. Banyak pelayanan yang kami bawa. Mari kita manfaatkan dengan baik. Semuanya gratis,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir mengingat kepala desa dan BPD untuk menjalin komunikasi yang baik. Demikian halnya dengan perangkat desa untuk memahami tupoksi, sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik

Lebih lanjut disampaikan, seluruh kelompok tani di Kabupaten Samosir dipastikan mendapat bantuan pupuk organik secara stimulan. Ia pun berharap agar masyarakat beralih menggunakan pupuk organik dan mampu membuat sendiri.

Bupati Samosir juga menyampaikan bahwa pemkab komit menjamin kesehatan masyarakat melalui BPJS gratis. Ia menyebut, total masyarakat yang tercover BPJS sudah mencapai 99 persen. Namun diimbau agar masyarkat yang belum terdaftar untuk mendaftarkan diri dan menggunakan BPJS untuk menjaga kesehatan.

Untuk peningkatan UMKM dalam permodalan, Bupati Samosir membawa Bank Sumut sebagai penyalur KUR. Agar pelaku UMKM agar mengurus perizinan berusaha sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan permodalan dari bank.

Kekerasan

Sebagai daerah yang berbudaya, agar masyarakat berperan dalam pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Bupati mengajak masyarakat untuk sama mencegahnya serta melaporkan apabila menemukan kasus di lingkungan masing-masing.

Sebagaimana usulan masyarakat untuk pembukaan, peningkatan jalan melalui sirtunisasi, Kadis PU Rudimanto Limbong menyampaikan, pihaknya akan mengerahkan alat berat dan segera turun melakukan survei. Peningkatan SPAM untuk masyarakat Desa Lumban Suhiduhi Toruan juga akan ditingkatkan tahun ini.

Untuk penataan pembangunan dan menjamin setiap desa tersentuh dari APBD, Bupati Samosir memberikan tambahan anggaran masing-masing Rp100 juta untuk Desa Lumban Suhisuhi Toruan dan Desa Sitolu Huta. Untuk pembangunan Kantor Desa Sitolu Huta, Vandiko berjanji akan menampung dalam anggaran 2024.

Anggota DPRD Samosir Saurtua Silalahi menyampaikan, DPRD dan Bupati bersama-sama bertanggung jawab dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Kemudian Polma Gurning minta agar masyarakat mendukung pembangunan dengan cara bersedia memeberikan lahan secara gratis. Sementara Marco Simbolon menyampaikan akan mendukung usulan masyarakat

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment